Jumat, 17 Februari 2017

maksimal jumlah pinjaman jaminan surat tanah

carakredit.com | kalau jaminan surat tanah, bisa dapat pinjaman berapa di bank? ada  kasus yakni seorang teman yang bertanya kira-kira berapa jumlah yang bisa di ajukan ke bank kepada seorang marketing bank tertentu, terkadang marketing bank tersebut karena kurang paham atau memang masih baru sehingga tidak mengetahui kemudian memberikan informasi yang agak keliru, karena luasnya tanah yang tercantum pada surat kepemilikan tanah misalnya sang marketing langsung bilang "wah kalau luas begini 300 juta pun boleh ambil pak, tinggal dilengkapi aja dokumen lainnya... setelah beberapa hari kemudian nyatanya pengajuan 300 juta teman saya pun di tolak oleh pihak bank, hanya boleh 75 juta saja misalnya atau ditolak sama sekali. dan marketingnya pun malu menemui teman saya karena salah memberi keterangan.

Apakah nilai jaminan berpengaruh dengan nilai pinjaman?


Apa yang terjadi? ada salah komunikasi disini, memang benar nilai jaminan Bank juga mempengaruhi besaran nilai pinjaman. namun pihak bank juga menilai dari faktor yang lain juga, misalnya jenis usaha yang digeluti, apakah usaha tersebut masih merintis atau sudah berkembang, kemudian karakter calon peminjam, kemampuan membayar dilihat dari penghasilan setiap bulan, kemudian keluarga yang di tangung, dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan masing-masing bank.

Menarik dipelajari : Cara Pengajuan Kur BRI

bahkan pada kasus tertentu pinjaman bank tidak memerlukan jaminan sama sekali, misalnya fasilitas pinjmana kredit tanpa anggunan. maka dari itu pada kasus di atas baiknya marketing memberikan informasi bahwa nilai jaminan tanah bisa menapat pinjaman sampai sekian, namun ada hal lain yang diperhatikan misalnya kaemmapuan bayar, karakter, tanggungan jiwa, kemudian jenis usaha, sehingga terkadang jumlah maksimal pinjaman yang diberikan kadang lebih kecil dari nilai barang yang dijaminkan.

menarik dibaca : Pinjaman usaha KUR BNI 50 juta hingga 500 juta

Rumus persetujuan untuk memberikan pinjaman maksimal berdasarkan nilai jaminan, pada umumnya dikatakan sebagai Nilai Likuiditas Jaminan, nilai likuiditas yakni nilai jual cepat atas suatu benda atau barang yang di jaminkan di Bank. Untuk penentuan nilai likuiditas ini tiap Bank menentukan porsi yang berbeda, ada yang 50%, 70% dan bahkan 80% dari harga pasar jaminan tersebut, tergantung dari Jenis barang jaminan yang diajukan ke Bank. misalanya  Tanah & rumah nilai likuiditas jaminannya bisa samapai 80%, contoh lain adalah Deposito bahkan bisa 100%, sementara untuk Kendaraan Roda 4, 6 dan 8 mungkin hanya 50% atau pun 70% saja.

Jumlah Persentase masing-masing barang jaminan tersebut biasanya dinamakan (di beberapa Bank) sebagai Loan To Value. LTV (loan To Value) ini juga yang mendasari pemberian pinjaman selain dari karakter dan kemampuan bayar nasabah yang akan meminjam uang di bank. Jadi pada kasus diatas, marketing hanya menghitung LTV jaminan teman saya, tanpa memperhatikan faktor-faktor lainnya yang juga berpengaruh pada besaran nilai pinjaman di Bank tempat dirinya bekerja.

nah demikianlah kira-kira usalan mengenai besaran maksimal peminjaman di bank dengan jaminan surat tanah, semoga bermanfaat dan sedikit banyak menambah wawasan kita. sekian dan salam.

maksimal jumlah pinjaman jaminan surat tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar yang mengandung spam dan terindikasi penipuan, berpotensi melanggar hukum mengandung kebencian SARA akan di tandai sebagai spam dan di hapus oleh admin.