Minggu, 29 Januari 2017

apa itu kartu kredit dan kartu kredit virtual

carakredit.com | apa itu kartu kredit dan kartu kredit virtual - kemajuan zaman dan teknologi membuat gaya kehidupan manusia semakin praktis dan ringkas, uang bisa di simpat di bank dan bisa di ambil sewaktu-waktu di atm menggunakan kartu atm atau kartu debet, berbeda dengan kartu atm kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank sebagai pengganti pinjaman tanpa anggunan yang besarnya nilai limit sesaui dengan kesepakatan. sedangkan kartu kredit virtual adalah sama seperti kartu kredit biasa namun tidak ada bentuk fisik nya melainkan virtual atau online yang biasanya tidak bisa digunakan untuk berbelanja barang secara kredit namun biasanya sebatas untuk memverifikasi sebuah akun rekening online.

pengertian kartu kredit
pengertian kartu kredit

kartu kredit atau dalam bahasa inggris disebut credit card (CC) dapat digunakan untuk membayar barang belanjaan yang pada toko tersebut mimiliki alat untuk menggesek kartu yang disebut EDC - Electronic Data Capture, namun dana pinjaman yang ada pada kartu kredit ada batas nya ada limit nya masing-masing, biasanya dibedakan dari warna kartu kredit itu sendiri misal ada Silver , Gold, dan Platinum.


tiap warna pada kartu kredit memiliki limit atau batas pinjaman kredit sendiri-sendiri sesuai dengan kebijakan bank masing-masing yang mengeluarkan kartukredit, yang biasanya di sesuaikan dengan kemampuan anda sebagai nasabahnya, misalnya dari segi penghasilan, dari segi usaha dan sejenisnya yang biasa juga disebut pihak bank dengan BI Checking.

Bagaimana cara membuat kartu kredit dan apa syaratnya ?


secara umum syarat pengajuan pembuatan kartu kredit disetiap bank hampir sama yakni sebagai berikut ini :

  1. mengisi form pengajuan, dan menandatangi syarat dan ketentuannya
  2. membawa copy KTP dan menunnjukan KTP asli
  3. Bila karyawan bawa slip gaji, bila wiraswasta bawa surat keterangan usaha/laporan keuangan
  4. memiliki nomor kontak yang sewaktu-waktu dapat dihubungi
  5. menyerahkan formulir proses pengajuan kepada pihak bank

sedangkan kartu kredit virtual atau VCC adalah singkatan dari Virtual Credit Card atau kalau di artikan kedalam bahasa Indonesia menjadi kartu kredit virtual. Seperti namanya, VCC ini tidak berbentuk fisik seperti kartu kredit pada umumnya tetapi hanya berupa data saja. Data ini sama dengan data yang ada dalam sebuah kartu fisik credit card. VCC berupa data jenis kartu (Visa/Mastercard), 16 digit nomor kartu, expire date, dan 3 digit security code. 


VCC biasanya digunakan untuk verifikasi rekening bank Online seperti contohnya paypal, nah rekening online paypal inilah yang biasanya digunakan berbalanja secara online di toko-toko online yang menggunakan mata uang dollar karena paypal sendiri adalah rekening online yang menggunakan mata uang dollar.
VCC tidak bisa digunakan untuk berbelanja atau menarik uang sehingga anda tidak perlu takut akan ada tagihan bulanan ke alamat rumah anda, namun paypla dapat digunakan untuk berbelanja jadi amankan pasword paypal anda se aman mungkin. agar tidak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertangung jawab.

demikian artikel berjudul apa itu kartu kredit dan kartu kredit virtual semoga bermanfaat untuk anda semua, dan ingat tepat dan cermat dalam mengelola keuangan anda, semoga jalan usaha anda selalu lancar. salam

apa itu kartu kredit dan kartu kredit virtual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar yang mengandung spam dan terindikasi penipuan, berpotensi melanggar hukum mengandung kebencian SARA akan di tandai sebagai spam dan di hapus oleh admin.