Selasa, 18 Oktober 2016

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank untuk usaha kecil

carakredit.com | kelebihan dan kekurangan pinjaman bank untuk usaha kecil - dalam berusaha baik itu berdagang barang atapun jasa terkadang kita membutuhkan tambahan modal, untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau untuk memperbesar usaha, biasanya lembaga yang dituju untuk memperoleh dana tersebut atau kucuran modal adalah lembaga Bank. terlebih usaha kecil menengah bank lah menjadi salah satu pemberi kredit modal awal yang potensial, biasanya dari pihak bank sudah tersedia fasilitas kredit untuk usaha kecil menengah seperti Kur dan lainnya.

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank
kelebihan dan kekurangan pinjaman bank


Pinjaman bank hanya salah satu dari berbagai pilihan yang tersedia untuk usaha kecil dalam mengumpulkan dana. Keputusan akhir tentang di mana untuk mengamankan dana tergantung pada keseimbangan antara pro dan kontra dari sumber. Seperti semua sumber pendanaan lainnya, pinjaman bank juga mempunyai keuntungan dan kerugian :

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank
kelebihan dan kekurangan pinjaman bank

1. Keuntungan meminjam di bank untuk usaha


- Terjangkau : Lembaga bank ada banyak disetiap sudut kota, terlebih bank Bri ada di setiap pelosok Indonesia, sehingga mudah di jangkau oleh anda mudah di akses dan jika anda sudah menjadi nasabah di bank tersebut sudah lama dan akrab dengan banknya biasanya ada pun dengan sendirinya ditawari pinjaman modal usaha.

- Bunga rendah : Lembaga bank adalah lembaga yang di atur oleh perundang-undangan status hukumnya legal dan tentunya suku bunga pinjaman yang diberikan harus memenuhi standar yang di perbolehkan undang-undang apalagi untuk kredit usaha kecil menengah atau kredit usaha rakyat suku bunga yang diberikan lebih rendah lagi.

- Non Profit Sharing : Usaha patungan kapitalis dan investor setuju untuk memberikan pinjaman dalam pertukaran untuk bagian kepemilikan, hak untuk mempengaruhi pengambilan keputusan dan bagian dari keuntungan. Bank tidak meminta semua ini. Jika mereka melakukan sanksi pinjaman, mereka hanya tertarik untuk mendapatkan kepentingan mereka dan angsuran pembayaran kredit secara parsial. 

- Pinjaman Bank Menawarkan Manfaat Pajak : Usaha kecil yang mengambil pinjaman dari bank menikmati beberapa bantuan dari pajak, karena presentase keuntungan digunakan untuk membayar kembali pinjaman tersebut dibebaskan dari pajak.  

- Aman : Jika kita meminjam di Bank biasanya kita akan menyerahkan berkas dokumen jaminan anggunan misalnya sertifikat tanah, bpkb mobil motor dll, kita akan merasa aman karena ada jaminan dari pihak bank tidak perlu khawatir dokumen kita disalahgunakan

- Banyak pilihan : banyak jenis fasilitas kredit pinjaman yang diberikan bank, kemudahan waktu mencicil mau berapa lama setengah tahun, setahun atau lebih bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan anda.

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank
kelebihan dan kekurangan pinjaman bank


2. kekurangan meminjam modal usaha kecil di bank


- Proses ribet : banyak proses yang harus dijalani anda dalam melakukan pinjaman bank mulai dari pendataran survey lokasi dan lain-lain dan memakan waktu beberapa hari

- persyaratan yang banyak : banyak syarat yang harus anda kumpulkan berupa dokumen-dokumen baik  dari kelurahan dan dokumen lainnya mungkin saja membuat anda kerepotan dalam mengurus hal ini

- Resiko kehilangan anggunan : bank bisa saja memberikan sanksi pada kita bila kita telat bayar sampai beberapa bulan, atau terjadi kredit macet misalnya bisa saja, tanah jaminan kita disita pihak bank.

- dana tidak 100 % diberikan : Bank diketahui tidak setuju untuk memberikan seluruh jumlah pinjaman. Mereka memberikan 70 atau 80% dari jumlah yang diterapkan. Hal ini membuat sulit bagi pengusaha untuk memulai karena ia memiliki sisa saldo sementara ia tetap membayar bunga sebesar pinjaman.

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank
kelebihan dan kekurangan pinjaman bank


nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman bank untuk usaha kecil semoga dapat menambah wawasan anda dan anda bisa mengambil keputusan finansial yang tepat bagi usaha yang anda jalankan. dan ingat  hemat cermat dan tepat dalam melakukan kredit agar cicilan lunas tepat waktu. salam. 

kelebihan dan kekurangan pinjaman bank untuk usaha kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar yang mengandung spam dan terindikasi penipuan, berpotensi melanggar hukum mengandung kebencian SARA akan di tandai sebagai spam dan di hapus oleh admin.