Sabtu, 15 Oktober 2016

cara ajukan kredit rumah kpr bank btn

carakredit.com | cara ajukan kredit rumah  kpr bank btn - rumah meruapakn tempat dimana kita pulang belum tenang rasanya bila belum punya rumah sendiri, terlebih kita yang masih ngontrak, namun tidaklah mudah tentunya dalam mendapatkan rumah karena harga rumah juga lumayan tinggi. salah satu cara mendapatkan rumah adalah dengan pengajuan kredit kepemilikan rumah atau kpr. salah satu bank yang menjadi rujukan dalam pengajuan kpr adalah Bank BTN seperti apa tatacaranya ayok disimak.

Bagaimana cara mendapatkan kredit rumah murah di bank BTN?

Direktur Utama BTN Iqbal Latanro memaparkan, syarat bagi calon debitur KPR yang ingin mendapatkan kredit murah melaui FLPP sangat mudah.


cara ajukan kredit rumah kpr bank btn
cara ajukan kredit rumah kpr bank btn

"Melalui FLPP nantinya disediakan KPR Rumah Sejahtera Tapak bagi yang berpenghasilan sampai Rp 2,5 juta dan Sejahtera Susun bagi debitur kalangan menengah kebawah dengan maksimal penghasilan Rp 4,5 juta," ujarnya disela launching program FLPP di Kantor Cabang Utama BTN di Jalan Sudirman, Bekasi, Jawa Barat (01/10/2010).

Menurut Iqbal, penghasilan calon debitur tidak boleh melebihi Rp 4,5 juta. Selain itu, calon debitor harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) khusus untuk yang ingin mengambil rumah sejahtera tapak. Sementara bagi pembeli rumah sejahtera susun harus menyertakan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak.

Persyaratannya lainnya, calon debitur harus membeli rumah kepada pengembang yang ada kerjasama dengan pengembang FLPP. "Dalam hal ini pengembang yang ada kerjasama dengan BTN," tuturnya. Calon debitur KPR murah ini sebelumnya juga sudah melihat rumah dan harga yang akan diambil. Menurut Iqbal, dalam program FLPP ini, harga rumah tidak akan ditentukan. "Karena FLPP akan melihat dari penghasilan seorang debitur," tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur BTN Irman Zahirudin menjelaskan contoh aplikasi yang diajukan bagi calon debitur. "Misalnya kemampuan penghasilan seorang debitur Rp 2,5 juta maka kemampuan cicil 1/3 dari Rp 2,5 juta yakni Rp 800.000 per bulannya," tuturnya. Nah dengan cicilan Rp 800.000 maka sang calon debitur bisa membeli rumah dengan harga maksimal Rp 80 juta dengan tipe 55 plus.

cara ajukan kredit rumah kpr bank btn
cara ajukan kredit rumah kpr bank btn


Untuk yang berpenghasilan Rp 1,5 juta, lanjut Irman sang calon debitur dapat membeli rumah yang maksimal harganya Rp 50 juta. Sedangkan untuk KPR sejahtera susun maksimal harga rumah yang diambil berkisar antara Rp 90-135 juta. "Karena menganut asaz keadilan yang ambil rumah termurah seharga Rp 50 juta maka akan mendapatkan bunga maksimal 8,15%," jelasnya. Untuk harga rumah sejahtera tapak dan cicilan yang lebih besar maka akan dikenakan bunga maksimal sebesar 8,5%.

"Sedangkan untuk sejahtera susun dikenakan bunga KPR susun hingga maksimal 9,95%," katanya. Semuanya, sambung Iqbal maksimal jangka waktu KPR hingga 15 tahun. BTN sendiri telah menyiapkan 50.000 rumah sejatera tapak dan 1.500 rumah sejahtera susun sampai akhir Desember 2010. "Dana yang disiapkan mencapai Rp 2,6 triliun," jelas Iqbal.


Syarat KPR Dan Proses

Siapkan beberapa dokumen untuk mengajukan kredit rumah. Dokumen-dokumen di bawah ini merupakan syarat KPR
Syarat KPR
  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Akta nikah/cerai
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Surat keterangan belum memiliki rumah (untuk beberapa daerah saja)
  • Pas foto suami/istri 3x4
Dokumen untuk KARYAWAN
  • Slip gaji asli (berstempel perusahaan)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak  (NPWP)
  • Buku rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
Hal tersebut berlaku pula untuk pegawai honorer, misalnya guru honorer.

Dokumen untuk WIRASWASTA
  • Fotokopi SIUP
  • NPWP
  • Catatan Rekening Bank
  • Surat Izin Praktek (untuk profesional)
  • Slip transaksi perusahaan
Catatan: Biasanya pihak developer akan membantu mengurus berbagai dokumen di atas seandainya Anda wiraswasta namun belum memiliki dokumen-dokumen tersebut.
Akad
Apabila disetujui, proses selanjutnya adalah tahap akad.
  • Melunasi BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan) 5% dari harga jual rumah.
  • Asuransi
  • Provisi Kredit
  • Asuransi properti
  • Biaya notaris untuk pengikatan jual beli


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan datang ke Bank BTN terdekat di kota Anda.

cara ajukan kredit rumah kpr bank btn
cara ajukan kredit rumah kpr bank btn

Nah demikianlah cara ajukan kredit rumah kpr bank btn semoga bermanfaat dan semoga anda dapat mewujudkan rumah impian anda, dan ingat  hemat cermat dan tepat dalam melakukan kredit agar cicilan lunas tepat waktu. salam.

cara ajukan kredit rumah kpr bank btn Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar yang mengandung spam dan terindikasi penipuan, berpotensi melanggar hukum mengandung kebencian SARA akan di tandai sebagai spam dan di hapus oleh admin.