Sabtu, 22 Oktober 2016

3 Cara pinjam uang tanpa bunga riba

carakredit.com | 3 Cara pinjam uang tanpa bunga riba - sebagian besar masyarakat Indonesia adalah seorang muslim atau muslimah, dan kita mengetahui bersama bahwa orang yang beragama islam atau mereka yang seorang muslim itu di larang melakukan transaksi yang memiliki nilai riba, baik meminjam kan uang ataupun yang di pinjami uang dilarang dalam agama islam. namun banyak bank konvensional di Indonesia saat ini masih menggunakan sistem bunga, baik yang meminjam maupun yang menabung, walaupun bunga yang di sepakati sangat kecil, namun tentu banyak kalangan yang mengatakan bahwa hal itu adalah riba/ berbunga.

Pinjam uang tanpa riba
3 Cara pinjam uang tanpa bunga riba


Lalu bagimana bisa umat isalm bisa mendapat pinjaman uang tanpa bunga sesuai ajarannya? sedangkan kebanyakan lembaga permodalan yang meminjam kan uang semisal bank, koperasi, pegadaian, atau bahkan rentenir perorangan mengharuskan adanya bunga pada setiap akad perjanjian utang piutang.?

Banyak sekali cara kita mendapat pinjaman tanpa bunga, jika memang kita benar-benar ingin terhindar dari dosa melakukan riba atau pinjaman berbunga. apa saja itu dan dimana kita bisa medapatkan pinjaman modal tanpa riba? berikut adalah cara alternatif meminjam uang tanpa bunga atau riba.

1. Meminjam uang pada keluarga atau teman dekat


keluarga atau teman dekat adalah alternatif pertama kita mendapatkan pinjaman uang ataupun modal, namun tentu syaratnya kita meminjam harus tidak menyusahkan keluarga atau teman dekat kita yang kita pinjami uang. karena pada dasarnya manusia semua membutuhkan uang untuk berusaha, membesarkan usaha dan untuk kebutuhan sehari-hari.

meminjam kepada orang tua - keluarga dekat yang sangat mungkin kita pinjam adalah orang tua, ya karena orang tua adalah tentu orang yang menyayangi kita, jika kita sangat kesusahan masa iya orang tua tidak akan membantu, dalam bentuk pinjaman misalnya jika kita terkendala masalah finansial berupa modal, namun tnetu kita tidak boleh menyusahkan orang tua. sesegera mungkin kita harus mengembalikan uang yang kita pinjam. karena orang tua kita juga tentu butuh uang untuk kehidupannya sehari hari.

meminjam kepada saudara kandung - keluarga dekat kita yang kedua yang bisa kita minta bantuan pinjaman modal tentu saja saudara kandung baik itu kakak atau adik kita. namun kita juga harus mengerti kondisi kaka atau adik kita yang akan kita pinjami, segera balikan uang yang sudah kita pinjam sesuai dengan janji saat kita meminjam uang pada saudara kita, karena sebenarnya mereka juga butuh uang yang kita pinjam, dan tidak enak untuk menagih pinjaman itu ke kita.

meminjam kepada paman pakde ataupun sepupu - paman pakde ataupun sepupu adalah alternatif lainnya kita meminjam uang ke keluarga tanpa bunga, pinjam lah kepada paman pakde ataupun sepupu yang mampu atau kaya sehingga jika kita meminjam kepada mereka tidak membuat kesusahan pada mereka. dan walaupun pinjaman kita tidak membuat susah tentunya wajib bagi kita untuk mengembalikan uang pinjaman itu. karena pada hukum agamu pun hutang wajib dibayar.

2. Meminjam uang pada pegadaian syariah yang menggunakan sistem syariah

salah satu cara pinjam uang tanpa riba adalah pegadaian syariah


salah satu lembaga permodalan yang bisa kita ajukan pinjam modal tanpa bunga adalah pegadaian syariah, di pegadaian syariah kita bisa meminjam uang dengan menggadaikan barang kita berupa emas, bpkb kendaraan atau barang yang diperbolehkan di gadai oleh pegadaian. di pegadaian syariah kita hanya akan dikenai biaya administasi, biaya jaminan barang yang digadai, biaya pemindahan barang dan upah sewa barang.

di dalam pegadaian akan ada dua akad syariah yakni :

1. Akad Ijaroh/ijarah/periode : yakni merupakan akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang dalam waktu tertentu/periode terntentu dengan pembayaran sewa (Ujrah) tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan atas barang tersebut.

2. Akad Rahn : yakni merupakan akad yang menjadikan sesuatu (barang gadaian) sebagai jaminan terhadap hak (piutang) yang mungkin dijadikan sebagai pembayar hak (piutang) itu, baik seluruhnya maupun sebagian dari barang tersebut.
salah satu contoh simulasi dalam pegadaian adalah sebagai berikut ini :

Simulasi pegadaian
Simulasi pegadaian syariah dengan akad Ijaroh Klik untuk memperbesar
Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah adalah solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 15 menit dana cair dan aman penyimpanannya. Jaminan berupa barang perhiasan, elektronik atau kendaraan bermotor.

Seperti apa mekanisme peminjaman uang di pegadaian syariah ?


Dengan dua Akad Syariah tersebut diatas maka mekanisme operasional Pegadaian Syariah dapat digambarkan sebagai berikut : Pertama melalui akad rahn terlebih dahulu yakni kita menyerahkan barang yang akan di gadai bisa berupa emas logam mulia, sertifikat tanah rumah atau bukti kepemilikan kendaraan atau BPKB, atau barang eletronik lainnya yang kemudian Pegadaian menyimpan dan merawatnya di tempat yang telah disediakan oleh Lembaga Pegadaian. sehingga barang yang kita gadaikan nantinya akan si simpan oleh pegadaian yang menimbulkan biaya-biaya yang meliputi nilai investasi tempat penyimpanan, biaya perawatan dan keseluruhan proses kegiatannya. Atas dasar ini dibenarkan bagi Pegadaian mengenakan biaya sewa kepada nasabah sesuai jumlah yang disepakati oleh kedua belah pihak. 


Apa keunggulan meminjam uang di pegadaian syariah ?

  1. Layanan RAHN tersedia di Outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.
  2. Prosedur pengajuannya sangat mudah. Calon nasabah atau debitur hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian.
  3. Proses pinjaman sangat cepat, hanya butuh 15 menit.
  4. Pinjaman (Marhun Bih) mulai dari 50 ribu rupiah sampai 200 juta rupiah atau lebih.
  5. Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar ijaroh saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  6. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan ijaroh selama masa pinjaman.
  7. Tanpa perlu membuka rekening.
  8. Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai.
  9. Barang jaminan tersimpan aman di Pegadaian.

Persnyaratn meminjam uang di pegadaian syariah

  1.     Fotocopy KTP atau identitas resmi lainnya.
  2.     Menyerahkan barang jaminan.
  3.     Untuk kendaraan bermotor membawa BPKB dan STNK asli.

meminjam uang di pegadaian sayriah adalah alternatif yang baik ketimbang meminjam uang di keluarga kenapa begitu? karena tentu kita akan menyusahkan keluarga kita dengan meminjam uang kemereka, dan tentunya dengan akad syariah kita terbebas dari yang namnya bunga riba.

3. Meminjam uang pada Bank Syariah 

BRI Syariah salah satu Bank Syariah di Indonesia

salah satu arternatif meminjam uang di Bank tanpa bunga / riba adlah meminjam pada lembaga permodalan Bank dengan sistem syariah, munkin kita akan bertanya bagaimana bank akan mendapat untung jika misalnya meminjam 2 juta hanya dibalikan sebesar 2 juta juga?

dalam prinsipnya meminjam uang pada bank syariah hampir mirip dengan konsep pegadaian syariah. ada akad-akad syariah saat pertama kali kita mengajukan pinjaman misalnya saja akad ijaroh, kemudian ada akad bagi hasil yakni seperti mudharabah dan musyarakah, serta akad-akad yang terkait dengan jual beli seperti murabahah, salam, dan  istishna.

akad bagi hasil itu seperti apa ?

akad bagi hasil adalah akad pinjaman modal usaha syariah yang menimbulkan imbalan kepada pihak bank yang memberikan modal usaha dari hasil keuntungan usaha peminjam, yang di sepakati di awal proses peminjaman. bisa 30 / 70 % , 35 / 65 % atau sesuai dengan kesepakatan antara kita dengan bank syariah yang kita pinjami.

apakah bisa kita meminjam untuk membeli suatu barang dan kemudian di cicil atau kredit di bank syariah?

bisa saja, membeli barang tentunya memnggunakan akad jual beli, di bank syariah jika anda akan meminjam uang untuk membeli barang misalnya mesin traktor seharga 10 juta misalnya, maka bank akan membeli traktor itu terlebih dahulu dan menjualnya kembali ke pada anda dengan cara di cicil, tentunya di tambah keuntungan untuk bank, misalnya harga traktornya dinaikan 10 % nya sehingga harga traktor menjadi 11 Juta
anda akan membayra selama 11 bulan maka setoran atau cicilan perbulan traktor tersebut adalah 1 juta saja sesuai dengan harga yang diberikan bank syariah kepada anda. sihingga tidak ada bunga atau riba pada pembelian traktor anda.

Nah demikianlah 3 Cara pinjam uang tanpa bunga riba semoga bermanfaat bagi anda yang ingin meminjam uang tanpa riba atau bunga, semoga bermanfaat bagi anda di dunia dan di akhirat nanti dan ingat hemat cermat dan tepat dalam melakukan kredit pinjaman apapun agar cicilan lunas tepat waktu. salam.

3 Cara pinjam uang tanpa bunga riba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

2 komentar:

  1. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan atau tidak
    dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda sendiri? kami membuat semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%, atau apakah Anda Perlu Pinjaman melikuidasi mereka
    hutang dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan merasa
    sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan keuangan lainnya
    lembaga? Membutuhkan pinjaman atau pembiayaan alasan, seperti: Jika demikian hubungi kami
    dengan info di bawah melalui E-mail: williamsjoyceloancompany@gmail.com

    INFORMASI PEMINJAM' S
    Nama lengkap: __________________________________________
    Negara: _____________________________________________
    Alamat rumah: _______________________________________
    Tanggal lahir: _________________________________________
    Sex: _________________________________________________
    Pekerjaan: ___________________________________________
    Pendapatan bulanan: _______________________________________
    Status pernikahan: ________________________________________
    Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
    Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
    Lamanya_______________________________________________
    Salam
    Ibu.Joyce

    BalasHapus
  2. Adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan? Adakah anda dalam mana-mana tekanan kewangan atau tidak
    dana yang diperlukan untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Perlu Pinjaman Ulasan Liquidate mereka
    hutang dan membayar bil-bil anda? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan merasa
    sukar, untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank tempatan dan lain-lain kewangan
    institusi? Memerlukan pinjaman atau pembiayaan sebab, seperti: Jika ya hubungi kami
    Ulasan ini dengan maklumat di bawah melalui E-mel: jessicawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, komentar yang mengandung spam dan terindikasi penipuan, berpotensi melanggar hukum mengandung kebencian SARA akan di tandai sebagai spam dan di hapus oleh admin.